Cari Blog Ini

Rabu, 19 Januari 2011

FLU itu enggak main-main

Jangan meremehkan penyakit
influenza (flu). Bukan hanya flu
babi yang berbahaya, flu pada
umumnya juga harus kita
waspadai. Banyak hal yang
tanpa kita sadari
memungkinkan kita terserang
flu. Berikut 10 hal yang perlu
Anda simak untuk lebih berhati-
hati di musim flu seperti
sekarang ini:
1. Terlalu cemas
Kekhawatiran kita akan
datangnya penyakit justru
hanya akan membuat kita sakit.
Misalnya kekhawatiran akan
virus flu babi. Virus H1N1 belum
terbukti lebih mengancam
daripada flu musiman biasa.
Kebanyakan orang yang pernah
terserang flu babi, jika sembuh
akan sepenuhnya pulih.
Penelitian menunjukkan bahwa
kecemasan dapat saja
mewujudkan apa yang kita
cemaskan itu sendiri. Jadi, tak
perlu cemas karena kecemasan
hanya akan melemahkan sistem
kekebalan tubuh kita.
2. Berpelukan, berciuman, dan
berjabat tangan
Apa yang begitu berbahaya
tentang jabat tangan yang
sederhana? Kontak erat dengan
individu yang terinfeksi adalah
salah satu cara termudah
beerpindahnya virus.Itu tidak
berarti Anda harus antisosial
selama musim flu, tapi Anda
harus menyadari peluang
perpindahan virus dalam sebuah
kesempatan. Jika Anda berjabat
tangan dengan orang lain,
usahakan jangan dulu
menyentuh mulut atau mata
sebelum Anda mencuci tangan.
Sebuah Pusat Pengendalian dan
Pencegahan Penyakit
merekomendasikan untuk
menjaga penyangga enam kaki
dari orang-orang sakit untuk
mengurangi kemampuan virus
untuk menyebar. Jadi, sebagai
tindakan pencegahan, segala
macam salam budaya - dari
berjabat tangan untuk memeluk
untuk mencium di pipi -
semakin kapak.
3. Merokok
Merokok dapat melemahkan
fungsi bulu-bulu halus dalam
hidung unk menyaring udara ke
paru-paru, sehingga kuman
akan terperangkap dan masuk
ke paru-paru. Hal ini
mengakibatkan tubuh Anda
lebih rentan terhadap serangan
penyakit. Pascal James
Imperato, MD, dekan Fakultas
Kesehatan Masyarakat di SUNY
Downstate Medical Center, di
Brooklyn memperingatkan
bahwa kerusakan paru-paru
sebelumnya, seperti yang
disebabkan oleh merokok, dapat
meninggalkan risiko yang lebih
besar adanya komplikasi serius.
"Perokok kronis selalu jauh lebih
rentan terhadap infeksi
pernafasan. Mereka telah
merusak paru-paru, sehingga
mereka lebih rentan terhadap
penyakit," kata James.
4. Olahraga terlalu sering
Kebiasaan berolahraga dalam
jumlah yang berlebihan justru
akan melemahkan sistem
kebalan tubuh kita. Tahukah
Anda jika pusat latihan
kebugaran merupakan tempat
yang banyak mengandung
kuman? Mulai dari treadmill dan
alat-alat fitness yang penuh
keringat, bangku, ruang ganti,
dan mungkin saja di tas yang
Anda bawa pulang sudah ada
kuman yang menempel. Namun
ini tak berarti Anda harus
berhenti fitness. Untuk menjaga
diri dari serangan virus, lap
terlebih dahulu mesin dan alat-
alat fitness yang ingin Anda
gunakan. Usai latihan, jangan
lupa untuk cuci tangan.
5. Minum minuman beralkohol
Sebuah studi baru-baru ini di
BMC Immunology menemukan
bahwa tikus yang
mengkonsumsi alkohol dalam
jumlah besar dalam waktu
singkat sistem kekebalan
tubuhnya melemah dan
mungkin memiliki waktu yang
lebih sulit melawan infeksi
selama minimal 24 jam.
Efek samping lainnya dari
minum alkohol terlalu banyak
ialah alkohol dapat dengan
cepat dan mudah
mengakibatkan dehidrasi yang
mengganggu kemampuan
hidung dan tenggorokan untuk
menyaring kuman dan mengusir
mereka dalam bentuk lendir.
6. Terlalu mengandalkan
antibakteri pada gel pencuci
tangan
Anda yang terbiasa
menggunakan gel pencuci
tangan, periksa dahulu bahan
yang terkandung di dalamnya.
Gel antibacterial yang baik
mengandung 60 hingga 95
persen alkohol, etanol, atau
isopropanol. Gel pencuci tangan
memang efektif membunuh
kuman jika tidak tersedia
wastafel di dekat Anda, namun
jangan lupa untuk tetap
mencuci tangan seperti biasa
menggunakan air bersih. Hingga
saat ini belum ada penelitian
yang membuktikan bahwa gel
pencuci tangan mampu
membunuh virus. Mencuci
tangan dengan sabun dan air
tetaplah cara terbaik untuk
membasuh kuan.
7. Tidak mencuci tangan dengan
benar
Banyak orang tidak mencuci
tangan mereka dengan benar.
Cuci tangan sebanyak sepuluh
kali sehari adalah salah satu cara
yang dianjurkan untuk
mencegah datangnya virus
penyebab flu. Namun, masih
banyak orang yang tidak segera
mencuci tangannya setelah
batuk dan bersin. Banyak juga
ditemukan orang mencuci
tangannya kurang dari 15 detik,
padahal para ahli menganjurkan
untuk mencuci tangan
setidaknya 20 detik atau lebih.
Gosoklah seluruh permukaan
tangan antara jari dan pastikan
tangan benar-benar kering
setelahnya. Matikan keran dan
lampu kamar mandi serta
membuka pintu dengan tissue
untuk menaga tangan tetap
bersih.
8. Penggunaan masker wajah
yang salah
Sejak September lalu, masker
wajah sudah tidak dianjurkan
lagi untuk digunakan di dalam
rumah dan lingkungan
pekerjaan. Namun masih banyak
yang menggunakannya
terutama jika mereka berada
dalam kondisi flu berat atau
karena sehari-hari berhadapan
dengan orang sakit. Masker
adalah sarang virus. Pastikan
Anda memakai dan
membuangnya dengan benar.
Jangan sampai menyentuh
bagian depan yang paling
mungkin terkontaminasi virus.
Setelah itu, pastikan Anda selalu
cuci tangan dengan benar
hingga bersih.
9. Minum obat flu sebelum
waktunya
Di tengah kepanikan akan virus
flu babi, banyak orang lalu
mencari dan membeli
persediaan obat antivirus untuk
antisipasi. Namun, kebanyakan
dari mereka tidak akan, bahkan
mungkin tidak akan pernah
membutuhkannya. Obat
antivirus seperti Tamiflu, harus
diberikan sesuai anjuran dan
resep dokter. Hal ini karena
dosis yang tak tepat dapat
membuat virus menjadi resisten
terhadap obat-obat tersebut.
10. Menganggap enteng setiap
hal
Ini mungkin tampak
bertentangan, tetapi nyatanya
pendekatan paling sehat untuk
musim flu adalah untuk
mengambil posisi di antara
panik dan ketidakpedulian. Anda
mungkin menganggap bahwa
Anda terlalu muda atau terlalu
sehat untuk terserang influenza.
Biasanya, pasien flu berisiko
tinggi berusia setidaknya 65
tahun, di bawah dua tahun,
wanita hamil, atau sudah
pernah ada kondisi medis
sebelumnya. Pada akhirnya,
semua ini intinya adalah
kelompok umur atau status
kesehatan tidak membuat Anda
terkalahkan, dan kita semua
harus mengambil tindakan
pencegahan flu secara serius.

Sabtu, 15 Januari 2011

Sejarah kartu merah dan kartu kuning

Sejarah Kartu Merah dan
Kartu Kuning Dalam
Sepak Bola
niezard Asal Usul
Apakah penggunaan kartu
merah dan kuning sudah dikenal
begitu sepak bola modern
muncul? Jawabannya tidak.
Kartu merah dan kuning baru
diperkenalkan di Piala Dunia
1970.
Namun, inspirasinya muncul
pada Piala Dunia 1966. Pada
perempat final antara tuan
rumah Inggris lawan Argentina.
Wasit yang memimpin
pertandingan itu berasal dari
Jerman, yakni Rudolf Kreitlein.
Karena melakukan pelanggaran
keras, kapten Argentina, Antonio
Rattin, dikeluarkan oleh
Kreitlein. Namun, Rattin tak
paham apa maksud wasit asal
Jerman itu. Dia pun tak segera
meninggalkan lapangan.
Wasit Inggris yang ikut bertugas
di pertandingan itu, Kn Aston,
kemudian masuk ke lapangan.
Dengan sedikit modal bahasa
Spanyol, dia merayu Rattin
untuk meninggalkan lapangan.
Sebab, wasit yang memimpin
pertandingan, Rudolf Kreitlein,
memutuskan begitu. Karena
hanya tahu bahasa Jerman dan
Inggris, ia kesulitan menjelaskan
keputusannya kepada Rattin.
Karena kasus ini, Ken Aston
kemudian berpikir. Harus ada
komunikasi universal yang bisa
langsung diketahui semua
orang, ketika wasit memberi
peringatan kepada pemain atau
mengeluarkannya dari lapangan.
Sehingga, wasit tanpa harus
membuat penjelasan dengan
bahasa yang mungkin tak
diketahui pemain.
Suatu hari, dia berhenti di
perempatan jalan. Melihat traffic
light (lampu merah), dia
kemudian mendapatkan ide.
Kemudian dia mengusulkan agar
wasit dibekali kartu kuning dan
merah. Kartu kuning untuk
memberi peringatan keras atau
sanksi ringan kepada pemain
yang melakukan pelanggaran.
Sedangkan kartu merah untuk
sanksi berat dan pemain yang
melakukan pelanggaran berat
itu harus keluar dari lapangan.
Ide itu diterima FIFA. Pada Piala
Dunia 1970, kartu kuning dan
merah untuk pertama kalinya
digunakan. Ironisnya, sepanjang
Piala Dunia 1970 tak satu pun
pemain yang terkena kartu
merah. Hanya kartu kuning yang
sempat dilayangkan. Sehingga,
kartu merah tak bisa "pamer
diri" di Piala Dunia 1970.
Meski ide itu datang dari wasit
Inggris, namun negeri itu tak
serta-merta menerapkannya di
kompetisi mereka. Kartu merah
dan kuning baru digunakan di
kompetisi sepak bola Inggris
pada 1976. Karena kemudian
wasit terlalu mudah
mengeluarkan kartu dan
diprotes banyak pemain, maka
penggunaannya sempat
dihentikan pada 1981 dan 1987.
Yang menarik, ide ini diadopsi
cabang olahraga hoki. Bahkan,
di cabang ini menggunakan tiga
warna kartu, seperti traffic light:
hijau, kuning, dan merah. Hijau
untuk peringatan, kuning untuk
mengeluarkan pemain
sementara waktu, dan merah
untuk mengusir pemain secara
permanen.
S

Asal usul nama indonesia dan sejarah indonesia di Mata dunia

Asal Usul Nama
Indonesia Dan Sejarah
Indonesia di Mata Dunia
niezard Asal Usul
Pada zaman purba, kepulauan
tanah air disebut dengan aneka
nama. Dalam catatan bangsa
Tionghoa kawasan kepulauan
tanah air dinamai Nan-hai
(Kepulauan Laut Selatan).
Berbagai catatan kuno bangsa
India menamai kepulauan ini
Dwipantara (Kepulauan Tanah
Seberang), nama yang
diturunkan dari kata..
Sansekerta dwipa (pulau) dan
antara (luar, seberang). Kisah
Ramayana karya pujangga
Walmiki menceritakan pencarian
terhadap Sinta, istri Rama yang
diculik Rahwana, sampai ke
Suwarnadwipa (Pulau Emas,
yaitu Sumatra sekarang) yang
terletak di Kepulauan
Dwipantara.
Bangsa Arab menyebut tanah air
kita Jaza'ir al-Jawi (Kepulauan
Jawa). Sampai hari ini jemaah
haji kita masih sering dipanggil
"Jawa" oleh orang Arab. Bahkan
orang Indonesia luar Jawa
sekalipun. Dalam bahasa Arab
juga dikenal Samathrah
(Sumatra), Sholibis (Sulawesi),
Sundah (Sunda), semua pulau
itu dikenal sebagai kulluh Jawi
(semuanya Jawa).
Bangsa-bangsa Eropa yang
pertama kali datang
beranggapan bahwa Asia hanya
terdiri dari Arab, Persia, India,
dan Tiongkok. Bagi mereka,
daerah yang terbentang luas
antara Persia dan Tiongkok
semuanya adalah "Hindia".
Semenanjung Asia Selatan
mereka sebut "Hindia Muka" dan
daratan Asia Tenggara dinamai
"Hindia Belakang".
Sedangkan tanah air
memperoleh nama "Kepulauan
Hindia" (Indische Archipel,
Indian Archipelago, l'Archipel
Indien) atau "Hindia
Timur" (Oost Indie, East Indies,
Indes Orientales). Nama lain
yang juga dipakai adalah
"Kepulauan Melayu" (Maleische
Archipel, Malay Archipelago,
l'Archipel Malais).
Pada jaman penjajahan Belanda,
nama resmi yang digunakan
adalah Nederlandsch-Indie
(Hindia Belanda), sedangkan
pemerintah pendudukan Jepang
1942-1945 memakai istilah To-
Indo (Hindia Timur).
Eduard Douwes Dekker
(1820-1887), yang dikenal
dengan nama samaran Multatuli,
pernah mengusulkan nama yang
spesifik untuk menyebutkan
kepulauan tanah air kita, yaitu
Insulinde, yang artinya juga
"Kepulauan Hindia" (bahasa
Latin insula berarti pulau).
Awalnya Nusantara
Pada tahun 1920-an, Ernest
Francois Eugene Douwes Dekker
(1879-1950), yang dikenal
sebagai Dr. Setiabudi (cucu dari
adik Multatuli),
memperkenalkan suatu nama
untuk tanah air kita yang tidak
mengandung unsur kata "India".
Nama itu tiada lain adalah
Nusantara, suatu istilah yang
telah tenggelam berabad-abad
lamanya. Setiabudi mengambil
nama itu dari Pararaton, naskah
kuno zaman Majapahit yang
ditemukan di Bali pada akhir
abad ke-19 lalu diterjemahkan
oleh J.L.A. Brandes dan
diterbitkan oleh Nicholaas
Johannes Krom pada tahun
1920.
Pengertian Nusantara yang
diusulkan Setiabudi jauh
berbeda dengan pengertian
nusantara zaman Majapahit.
Pada masa Majapahit, Nusantara
digunakan untuk menyebutkan
pulau-pulau di luar Jawa (antara
dalam bahasa Sansekerta
artinya luar, seberang) sebagai
lawan dari Jawadwipa (Pulau
Jawa). Sumpah Palapa dari Gajah
Mada tertulis "Lamun huwus
kalah nusantara, isun amukti
palapa" (Jika telah kalah pulau-
pulau seberang, barulah saya
menikmati istirahat).
Oleh Dr. Setiabudi kata
nusantara zaman Majapahit
yang berkonotasi jahiliyah itu
diberi pengertian yang
nasionalistis. Dengan
mengambil kata Melayu asli
antara, maka Nusantara kini
memiliki arti yang baru yaitu
"nusa di antara dua benua dan
dua samudra", sehingga Jawa
pun termasuk dalam definisi
nusantara yang modern. Istilah
nusantara dari Setiabudi ini
dengan cepat menjadi populer
penggunaannya sebagai
alternatif dari nama Hindia
Belanda.
Sampai hari ini istilah nusantara
tetap dipakai untuk
menyebutkan wilayah tanah air
dari Sabang sampai Merauke.
Awal Mula Nama Indonesia
Pada tahun 1847 di Singapura
terbit sebuah majalah ilmiah
tahunan, Journal of the Indian
Archipelago and Eastern Asia
(JIAEA), yang dikelola oleh James
Richardson Logan (1819-1869),
seorang Skotlandia yang meraih
sarjana hukum dari Universitas
Edinburgh. Kemudian pada
tahun 1849 seorang ahli
etnologi bangsa Inggris, George
Samuel Windsor Earl
(1813-1865), menggabungkan
diri sebagai redaksi majalah
JIAEA.
Dalam JIAEA Volume IV tahun
1850, halaman 66-74, Earl
menulis artikel On the Leading
Characteristics of the Papuan,
Australian and Malay-Polynesian
Nations. Dalam artikelnya itu
Earl menegaskan bahwa sudah
tiba saatnya bagi penduduk
Kepulauan Hindia atau
Kepulauan Melayu untuk
memiliki nama khas (a
distinctive name), sebab nama
Hindia tidaklah tepat dan sering
rancu dengan penyebutan India
yang lain. Earl mengajukan dua
pilihan nama: Indunesia atau
Malayunesia (nesos dalam
bahasa Yunani berarti pulau).
Pada halaman 71 artikelnya itu
tertulis:
" ... the inhabitants of the Indian
Archipelago or Malayan
Archipelago would become
respectively Indunesians or
Malayunesians "
Earl sendiri menyatakan memilih
nama Malayunesia (Kepulauan
Melayu) daripada Indunesia
(Kepulauan Hindia), sebab
Malayunesia sangat tepat untuk
ras Melayu, sedangkan Indunesia
bisa juga digunakan untuk
Ceylon (Srilanka) dan Maldives
(Maladewa). Earl berpendapat
juga bahwa bahasa Melayu
dipakai di seluruh kepulauan ini.
Dalam tulisannya itu Earl
memang menggunakan istilah
Malayunesia dan tidak memakai
istilah Indunesia.
Dalam JIAEA Volume IV itu juga,
halaman 252-347, James
Richardson Logan menulis
artikel The Ethnology of the
Indian Archipelago. Pada awal
tulisannya, Logan pun
menyatakan perlunya nama
khas bagi kepulauan tanah air
kita, sebab istilah "Indian
Archipelago" terlalu panjang dan
membingungkan. Logan
memungut nama Indunesia
yang dibuang Earl, dan huruf u
digantinya dengan huruf o agar
ucapannya lebih baik. Maka
lahirlah istilah Indonesia.
Untuk pertama kalinya kata
Indonesia muncul di dunia
dengan tercetak pada halaman
254 dalam tulisan Logan:
"Mr. Earl suggests the
ethnographical term Indunesian,
but rejects it in favour of
Malayunesian. I prefer the purely
geographical term Indonesia,
which is merely a shorter
synonym for the Indian Islands
or the Indian Archipelago".
Ketika mengusulkan nama
"Indonesia" agaknya Logan
tidak menyadari bahwa di
kemudian hari nama itu akan
menjadi nama resmi. Sejak saat
itu Logan secara konsisten
menggunakan nama
"Indonesia" dalam tulisan-
tulisan ilmiahnya, dan lambat
laun pemakaian istilah ini
menyebar di kalangan para
ilmuwan bidang etnologi dan
geografi.
Pada tahun 1884 guru besar
etnologi di Universitas Berlin
yang bernama Adolf Bastian
(1826-1905) menerbitkan buku
Indonesien oder die Inseln des
Malayischen Archipel sebanyak
lima volume, yang memuat hasil
penelitiannya ketika
mengembara ke tanah air pada
tahun 1864 sampai 1880.
Buku Bastian inilah yang
memopulerkan istilah
"Indonesia" di kalangan sarjana
Belanda, sehingga sempat
timbul anggapan bahwa istilah
"Indonesia" itu ciptaan Bastian.
Pendapat yang tidak benar itu,
antara lain tercantum dalam
Encyclopedie van Nederlandsch-
Indie tahun 1918. Padahal
Bastian mengambil istilah
"Indonesia" itu dari tulisan-
tulisan Logan
Pribumi yang mula-mula
menggunakan istilah
"Indonesia" adalah Suwardi
Suryaningrat (Ki Hajar
Dewantara). Ketika dibuang ke
negeri Belanda tahun 1913
beliau mendirikan sebuah biro
pers dengan nama Indonesische
Pers-bureau.
Nama indonesisch (Indonesia)
juga diperkenalkan sebagai
pengganti indisch (Hindia) oleh
Prof Cornelis van Vollenhoven
(1917). Sejalan dengan itu,
inlander (pribumi) diganti
dengan indonesiër (orang
Indonesia).
Sumber :
www.gugling.com

Asal Usul Api

Inilah Asal Usul Api,
Yang Mungkin Belum
Kita Ketahui
niezard Asal Usul, Religi
Islam
Api yang ada di dunia ini brasal
dari api Neraka Jahanam.
Alkisah, Allah menyuruh
malaikat untuk mngambil api
dari neraka jahanam guna
memasukkan api tersebut ke
bumi untuk di gunakan oleh
manusia.
Saat malaikat itu sampai di
neraka tersebut, langsung ia
terkejut karena suasana di sana
gelap gulita yang di sebabkan
api dari neraka jhanam
berwarna hitam pekat.
Setelah bertemu penjaga
neraka & menyampaikan
perintah-Nya. Penjaga neraka
bertanya kepada mlaikat itu.
Penjaga : Sebesar apa api neraka
jhanam itu yg mau kau ambil ?
Malaikat : Sebesar biji kurma
saja !
Mendengar hal itu Penjaga
berkata : Asal kau tahu kalau kau
membawa api sebesar itu ke
bumi, maka di bumi tidak kan
ada khidupan.
Malaikat : kalau begitu
setengahnya saja !
Penjaga : kalau kau membwa api
sebsar itu, maka d bumi akan
gersang & tumbuh.tumbuhan
kan mati.
Malaikat kemudian berkata :
kalau begitu terserah kau saja
mau sebesar apa !
Lalu sang penjaga neraka
memberi kepada malaikat
suruhan itu api sebesar semut
yang sangat kecil.
Itu pun tidak langsung di
masukkan ke bumi tapi di
dinginkan terlebih dahulu ke
dalam 7 sumur slama 70 masa
di akhirat ( 1 masa = 5 ribu
tahun di bumi).
Warna api pun berangsur.angsur
berubah dari warna
hitam>>putih>>biru>> sampai
akhirnya menjadi warna merah
sperti skarang.
Siksaan di neraka jahanam yang
paling ringanpun yaitu kita
disuruh memakai sendal yang
apabila kita memakainy, otak di
dalam kepala langsung meleleh.
Di sana kita tidak hidup & juga
tidak mati.
Semoga dengan mengetahui
betapa dasyatnya siksaan di
neraka jahanam, kita dapat
menjaga sikap kita menjadi lebih
baik. & Semoga kita tidak
menjadi salah satu dari
penghuni neraka manapun,
apalagi di neraka jahanam.
Anda bercita-cita untuk menjadi
seorang astronot? Atau
memimpikan ingin berjalan-
jalan ke luar angkasa? Jangan
melulu bayangkan hal yang
indah-indah. Seperti dikutip dari
Discovery, ada beberapa fakta
yang "menarik" seputar
kepergian ke luar Bumi itu.
Bangkai Makhluk Hidup
Penelitian dan eksplorasi ruang
angkasa telah mengorbankan
sejumlah nyawa makhluk hidup,
terutama hewan. Jika Anda
mengira mengorbankan monyet
dan anjing di lab-lab pengujian
atas nama ilmu pengetahuan di
Bumi, sudah cukup buruk,
bayangkan hal ini.
Sejumlah misi luar angkasa awal
melibatkan prosedur re-entri ke
Bumi. Sayangnya, tidak seluruh
pesawat ulang alik berhasil.
Diperkirakan, kini banyak
bangkai anjing dan simian, jenis
monyet yang mirip dengan
manusia, yang telah menjadi
mumi terus mengorbit Bumi
sampai saat ini.
Kebocoran Udara
Alexei Leonov merupakan
kosmonot Rusia pertama yang
berjalan di ruang angkasa pada
tahun 1965 lalu. Sayangnya ia
mengalami kebocoran udara
dan bahan pakaian mengalami
kaku yang tidak diantisipasi
sebelumnya.
Kakunya material kostum
memaksa ia berupaya kembali
ke dalam kapsul dengan susah
payah. Ia terpaksa harus
menurunkan tekanan di dalam
kostum dengan risiko bahan
kostum itu menggencetnya ke
dalam.
Belum selesai sampai di situ,
Voskhod, pesawat yang ia
tumpangi meleset dari jalur dan
mendarat di pegunungan Ural.
Ia terpaksa tetap tinggal di
dalam kapsul ruang angkasa
tersebut di dalam sampai
pertolongan tiba. Di luar,
serigala lapar sudah menunggu.
Toilet
Pada 5 Mei 1961, astronot Alan
Shepard lebih memilih untuk
kencing di celana di pesawat
Freedom 7 yang ia tumpangi.
Andrew Chaikin, penulis khusus
luar angkasa mendeskripsikan,
perjalanan ke orbit demikian
mengerikan.
Ia menuliskan bahwa toilet di
ruang angkasa hanyalah
berbentuk pembungkus seperti
topi dengan lapisan perekat di
pinggirnya. Astronot perlu
mengoleskan atau memberikan
lapisan anti kuman setelah ia
buang hajat.
Nasihat para astronot bagi yang
terpaksa memenuhi panggilan
alam adalah: telanjang, siapkan
waktu sekitar satu jam, dan
bawa tisu banyak-banyak.
Lakukan secepat mungkin
sebelum urin membeku.
Dekompresi Mendadak
Tiga orang astronot Soyuz 11
tewas saat pesawat itu
melepaskan tekanan udara saat
akan masuk kembali ke
atmosfir. Tahun 1965, seorang
teknisi dari Johnson Space
Center, Houston, AS berhasil
hidup dan menceritakan
pengalaman serupa.
Saat ia berada di ruang vakum,
kecelakaan terjadi dan secara
tidak sengaja, kostum luar
angkasa yang ia gunakan
kehilangan tekanan. Sebelum ia
kehilangan kesadaran, yang ia
rasakan adalah sensasi lembab
yang ia rasakan di lidah terasa
seperti mendidih.
Tidak seluruh pakar sepakat
seputar gejala dekompresi
mendadak. Akan tetapi,
beberapa kemungkinannya
adalah daging yang
membengkak, darah menguap,
bola mata meletus, dan
pecahnya paru-paru.
Anda masih tertarik untuk pergi
ke ruang angkasa dalam waktu
dekat?

Jumat, 14 Januari 2011

Anak-Anak Yang Memiliki Kekuatan dan Mengguncang Dunia

Anak-Anak Yang Memiliki Kekuatan dan Mengguncang Dunia

Johnny and Luther Htoo
Anak-Anak Yang Memiliki Kekuatan dan Mengguncang Dunia

Sementara kita menghabiskan masa kecil kita untuk ngupil dan menggunakan upil yang satu untuk melengketkan upil lain hingga menjadi super upil, anak-anak ini menghabiskan waktu mereka dengan hal yang sangat luar biasa. Anak-Anak Yang Memiliki Kekuatan dan Mengguncang Dunia dengan kisah dan tindakan mereka.
Johnny and Luther Htoo
Johnny dan Luther Htoo: Kembar ajaib

Johnny and Luther Htoo lahir di akhir '80-an di Burma, tapi mereka bukan orang Birma biasa yang agan kenal. Mereka kaum Karen, sebuah kelompok etnis yang telah melancarkan perang gerilya melawan pemerintah Burma sejak tahun 1949.

Awalnya mereka hanyalah anak laki-laki biasa yang tinggal di hutan dalam sebuah kamp pemberontak. Ketika tentara Burma menyerang tempat tersebut untuk membuka jalan bagi jalur gas, cabang bersenjata dari Karen National Union lari kocar-kacir, meninggalkan desa yang tidak berdaya. Tapi ada yang tinggal gan. Anak-anak berumur sembilan tahun yang menggunakan AK-47 untuk menangkis serangan Angkatan Darat Burma tersebut. Dan tebak? Anak-anak ini menang.
Johnny and Luther Htoo
Si kembar Htoo tampil dewasa sebelum waktunya gan. Mereka bersama-sama memimpin “Tentara Gerilya Tuhan” dengan 150 pengikut patuh yang membawa senjata dan benar-benar percaya pada kekuatan magis dari si kembar Htoo. Bagaimana mungkin anda tidak mengikuti seseorang kalau anda tahu dia kebal peluru? Dan bahkan ranjau? Dan satu hal lagi, mereka bisa membunuh dengan cara hanya menunjuk senapan ke tanah dan berkonsentrasi. Para pengikut juga percaya bahwa satu dari kembar Htoo memimpin 250.000 tentara yang tidak terlihat, dan kembarannya yang lain memimpin 150.000 tentara tidak terlihat. Tentu kedengarannya konyol, tapi kalau dua anak yang belum puber ini masuk ke kantor agan sekarang dengan rokok Marlboronya, ngelemparin anda sebuah AK dan bilang sudah waktunya untuk membunuh seseorang, maka anda arus berpikir panjang dan keras untuk menolak tawaran itu.

Anak-anak ini benar-benar mencuri perhatian orang banyak ketika tentara-tentara mereka (yang terlihat) menyandera rumah sakit Thailand selama 22 jam penuh. Sekitar 700 hingga 800 pasien dan staff keamanan disandera dengan tuntutan pemerintah Thai berhenti mengupas posisi Karen di Burma serta perawatan medis bagi tentara mereka yang terluka. Pasukan keamanan Thailand menyerbu rumah sakit, menewaskan 10 gerilyawan, dan mereka menyerah (si kembar Htoo tidak ada di sana).
Johnny and Luther Htoo
Dalam sebuah wawancara tahun 2000, Luther Htoo menyatakan bahwa ia ingin kebebasan untuk Karen. Mereka dikejar oleh Tatmadaw (angkatan bersenjata Burma) dan dihindari oleh pemberontak Karen lainnya.
Si kembar menyerah kepada tentara Thailand pada Januari 2001 dan meminta perlindungan. Pada saat itu jumlah pengikut mereka telah menyusut hingga 20. Mereka menolak cerita tentang menjadi kebal, tetapi bersikeras bahwa Tuhan telah membantu mereka untuk bertahan hidup selama bertahun-tahun.





Samantha Smith
Samantha Smith Mengguncang Rusia

Hubungan antara AS dan Uni Soviet itu begitu tegang bahkan hingga AS memboikot Olimpiade 1980 hanya karena diselenggarakan di Moskow. Carter bahkan berhenti berbicara dengan Soviet dan Ronald Reagan menyebut Uni Soviet sebuah "kekaisaran jahat" yang nyata. Dan Reagan tidak menggunakan tanda kutip untuk nunjukin kalau ia hanya bercanda gan.
Dan saat itu gan, seorang anak yang berpikiran luas, Samantha Smith yang sedang berumur 10 tahun menulis surat kepada kepala Soviet Yuri Andropov lalu bertanya apakah "dia akan memilih untuk berperang atau tidak,"
Samantha Smith
Samantha Smith lahir pada tanggal 29 Juni 1972, di kota kecil Houlton, Maine , perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Pada usia lima tahun, ia menulis surat kepada Ratu Elizabeth II untuk mengekspresikan kekagumannya tentang monarki (ane bahkan ga tau apa yang ane tulis pada umur segitu gan).

Pada bulan November 1982, ketika Smith berusia 10 tahun, ia menulis surat kepada pemimpin Uni Soviet yang baru Yuri Andropov, menanyakan mengapa hubungan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat sangat tegang

surat Samantha:

Dear Mr Andropov,

Nama saya Samantha Smith. Umur saya sepuluh tahun. Selamat atas pekerjaan baru Anda. Saya khawatir mengenai Rusia dan Amerika Serikat yang akan masuk pada perang nuklir. Apakah Anda akan memilih untuk berperang atau tidak? Jika tidak tolong beritahu saya bagaimana Anda akan membantu untuk tidak berperang. Pertanyaan ini tidak perlu Anda jawab, tapi saya ingin tahu mengapa Anda ingin menaklukkan dunia atau setidaknya negara kita. Tuhan menciptakan dunia bagi kita untuk hidup bersama dalam damai dan tidak saling melawan.

Hormat kami,

Samantha Smith

Samantha Smith
Surat Samantha diumumkan dalam surat kabar Soviet Pravda. Samantha senang surat itu telah diterbitkan, namun ia tidak menerima balasan. Ia lalu mengirim surat kepada Duta Besar Uni Soviet untuk Amerika Serikat dan bertanya apakah Mr Andropov akan membalas suratnya. Pada tanggal 26 April 1983, ia menerima respon dari Andropov, dan juga, undangan untuk mengunjungi soviet. Jangan lupa gan, sampai di sini Samantha masih berumur sepuluh tahun.

Sebuah sirkus media pun terjadi, Smith diwawancarai oleh Ted Koppel dan Johnny Carson dan dengan laporan malam oleh jaringan besar Amerika. Pada tanggal 7 Juli 1983, ia terbang ke Moskow dengan orang tuanya, dan menghabiskan dua minggu sebagai tamu pribadi Andropov. Samantha bahkan berbicara pada sebuah konferensi pers di Moskow, dan menyatakan bahwa Rusia adalah "sama seperti kita". Di Artek, Smith memilih untuk tinggal dengan anak-anak Soviet ketimbang mengambil akomodasi istimewa yang ditawarkan padanya.
Samantha Smith
Andropov, sayangnya, tidak bisa bertemu dengan Samantha selama kunjungannya gan, meskipun demikian mereka berbicara melalui telepon. Smith juga menerima panggilan telepon dari kosmonot Rusia Valentina Tereshkova , wanita pertama yang mengorbit bumi. Media mengikuti setiap langkah Samantha -foto dan artikel tentang dirinya diterbitkan oleh surat kabar dan majalah utama Soviet sepanjang perjalanan dan setelahnya. Samantha dikenal secara luas oleh warga negara Soviet dan dihormati.
Samantha Smith
Samantha kembali ke Amerika Serikat pada tanggal 22 Juli 1983, dirayakan oleh orang-orang dari Maine dengan mawar, karpet merah, dan limusin serta popularitasnya terus tumbuh di negeri asalnya. Pada bulan Desember 1983, dalam perannya sebagai "Duta Besar Amerika Termuda", ia diundang ke Jepang, di mana ia bertemu dengan Perdana Menteri Yasuhiro Nakasone dan menghadiri Simposium Anak Internasional di Kobe. Dalam sambutannya pada simposium tersebut, ia menyarankan agar para pemimpin Amerika bertukar cucu dengan Uni Soviet selama dua minggu setiap tahun, dengan alasan bahwa seorang presiden "tidak ingin mengirim bom ke suatu negara dimana cucunya sedang berkunjung".




Blink Kid Menghentikan Penyebaran Berita

Tahun 1800-an orang-orang begitu malas berjalan dengan tubuh berlemak mereka menuju kios yang menjual koran harian gan. Kaki mereka seperti terasa berat bahkan jika mereka seharian hanya bermalas-malasan di rumah. Untungnya bagi mereka gan, ada anak-anak tunawisma yang membawa kertas-kertas, dan menjualnya dengan keuntungan sangat kecil di setiap sudut jalan. Anak-anak ini disebut "newsies."
Sayangnya untuk penjualan tersebut, isi perut anak-anak ini ditentukan oleh seberapa sensasionalnya berita yang ditawarkan pada headline koran, dan juga rasa iba yang hampir tidak dimiliki oleh para bangsawan kaya. Sehingga tak jarang, pada penghujung hari, newsies harus makan kertas yang tidak habis terjual (secara harfiah, jika mereka sudah cukup lapar).
Blink Kid
Akhirnya pada tahun 1899, egoisme dari penerbit Joseph Pulitzer dan penerbit dunia William Randolph Hearst yang tidak memperhatikan nasib para newsies ini membuat murka para tukang koran. Sehingga newsies berinisiatif sendiri. Mereka menaikkan harga dari koran-koran selama Perang Spanyol-Amerika, tapi tidak seperti pesaing lain, newsies tidak menurunkan harga bahkan hingga perang berakhir. Mereka cukup mendapatkan sedikit untung. Aksi ini bahkan menarik lebih dari 5.000 newsies.

Dan sampailah kita pada Blink Kid gan
Menurut beberapa sumber, Blink Kid adalah anak karismatik bermata satu yang sangat bertanggung jawab. Wartawan menduga ia berumur antara 13 atau 14 tahun, dan mereka mengutip secara langsung ketika Blink Kid mengeluarkan ucapan emas seperti ini:
"Friens and feller workers. Dis is a time which tries de hearts of men. Dis is de time when we'se got to stick together like glue.... We know wot we wants and we'll git it even if we is blind."
Blink Kid
Jadi seberapa mengejutkannya anak ini ?

Blink Kid menghentikan penyebaran berita di seluruh Kota New York.

Blink Kid dan ribuan temannya mogok, yang berarti dua surat kabar utama di salah satu kota terbesar di dunia kehilangan distributor mereka. Dan ini tahun 1899 gan, saat koran adalah satu-satunya media. Jadi menutup dua sumber informasi terbesar di kota hampir sama seperti menutup akses internet New York, akses radio dan TV, kemudian hanya membiarkan warga menggunakan sinyal asap dan komunikator kaleng (dua kaleng yang dihubungkan benang – red) di tempat mereka.

Dia belum selesai.

Tidak hanya membuat aksi mogok serius para newsie dalam penyebaran informasi di NYC, Blink Kid juga membuat kota menjadi stagnan dengan memimpin beberapa aksi unjuk rasa di Jembatan Brooklyn.
Tentu saja gan, Hearst dan Pulitzer adalah raksasa industri, dan tidak akan mundur karena sekelompok orang yang berunjuk rasa. Mereka mengirim preman untuk membuktikan bahwa industri mereka tidak dapat digertak oleh sekelompok anak-anak bau. Hanya saja, anak-anak ini berdiri di tanah mereka. Blink Kid menang. Pada akhirnya, para raksasa mundur dan sepakat untuk membeli kembali surat kabar mereka yang tidak terjual.





Iqbal Masih
Iqbal Masih Membebaskan Buruh Anak

Iqbal Masih lahir dari keluarga Pakistan Katolik di Mudrik. Iqbal dijual sebagai budak anak pada usia empat tahun dengan harga cuma $16 gan. Dia terpaksa bekerja pada pabrik karpet tenun di sebuah kota kecil bernama Muridke dekat Lahore , empat belas jam per hari dengan gaji tiga sen. Setiap kali Iqbal tidak "mematuhi" apa yang bosnya katakan, ia akan dicambuk dan dilukai atau dipukuli. Suatu hari gan, ia ingin membebaskan dirinya sendiri dan anak-anak lain yang menderita. Ia pergi ke kantor polisi terdekat dan mengatakan bahwa ia sedang diperlakukan tanpa rasa hormat dan ingin kebebasan. Sayangnya, perwira polisi itu di sisi pabrik karpet dan ia membawa Iqbal kembali sehingga d pabrik, ia dirantai.
Iqbal Masih
Namun, pada usia 10 tahun, Iqbal melarikan diri dan bergabung dengan BLLF (Bonded Labor Liberation Front of Pakistan), sebuah kelompok yang didedikasikan untuk membebaskan perbudakan pada anak.
Iqbal Masih
Jadi seberapa mengejutkannya anak ini ?

Dalam dua tahun, Iqbal membebaskan 3.000 anak-anak dari perbudakan.
Iqbal tidak hanya bergabung dengan BLLF gan, dia bahkan menjadi juru bicara. Hal yang cukup berani untuk dilakukan. Walaupun kebanyakan dari kita akan melenggang pulang dan terjebak pada makan dan games, anak ini masuk kembali ke dalam parit, bahkan menyamarkan diri dan menyelinap masuk ke pabrik-pabrik untuk mewawancarai anak-anak tentang kondisi kerja mereka.
Iqbal Masih
Sebagai juru bicara internasional untuk BLLF, ia pergi ke Amerika Serikat dan Eropa menyerukan untuk mengakhiri pekerja anak terikat. Dia juga menyerukan untuk memboikot karpet Pakistan, hampir semua karpet itu dibuat oleh anak-anak terikat seperti dirinya.
Iqbal Masih
Iqbal menjadi pahlawan internasional dan seruannya untuk memboikot karpet Pakistan mulai berpengaruh. Pada tahun 1992, ekspor karpet turun untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Ekspor turun pada tahun 1993 dan 1994 juga, dan Iqbal menjadi objek kebencian untuk produsen karpet Pakistan - "mafia karpet".
Sehingga pada tahun 1995, pada usia 13 tahun Iqbal Masih dibunuh. Kuat dugaan ia dibunuh oleh para mafia karpet yang tidak suka dengan perjuangannya.

Pada tahun 1994, Iqbal dianugerahi Reebok Human Rights Award. Dan pada tahun 2000, ia secara anumerta dianugerahi The World’s Childrens’s Prize for the Rights of the Child.

Minggu, 09 Januari 2011

OSIS

OSIS
Logo OSIS SMP
Organisasi Siswa Intra Sekolah
(disingkat OSIS) adalah suatu
organisasi yang berada di
tingkat sekolah di Indonesia
yang dimulai dari Sekolah
Menengah yaitu Sekolah
Menengah Pertama (SMP) dan
Sekolah Menengah Atas (SMA).
OSIS diurus dan dikelola oleh
murid-murid yang terpilih untuk
menjadi pengurus OSIS.
Biasanya organisasi ini memiliki
seorang pembimbing dari guru
yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh
siswa yang berada pada satu
sekolah tempat OSIS itu berada.
Seluruh anggota OSIS berhak
untuk memilih calonnya untuk
kemudian menjadi pengurus
OSIS.
Latar belakang berdirinya
OSIS
Tujuan nasional Indonesia,
seperti yang tercantum pada
Pembukaan Undang-undang
Dasar 1945, adalah melindungi
segenap Bangsa Indonesia dan
seluruh tumpah darah Indonesia
dan untuk memajukan
kesejahteraan umum,
mencerdaskan kehidupan
bangsa, dan ikut melaksanakan
ketertiban dunia yang
berdasarkan kemerdekaan,
perdamaian abadi dan keadilan
sosial. Dan secara operasional
diatur melalui Undang-Undang
Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Pembangunan Nasional
dilaksanakan di dalam rangka
pembangunan bangsa Indonesia
seutuhnya dan pembangunan
seluruh masyarakat Indonesia.
Pembangunan pendidikan
merupakan bagian dari
Pembangunan Nasional. Di
dalam garis-garis besar haluan
Negara ditetapkan bahwa
pendidikan nasional
berdasarkan Pancasila,
bertujuan untuk meningkatkan
ketaqwaan terhadap Tuhan
Yang maha Esa, kecerdasan dan
keterampilan, mempertinggi
budi pekerti, memperkuat
kepribadian dan mempertebal
semangat kebangsaan dan cinta
tanah air, agar dapat
menumbuhkan manusia-
manusia pembangunan yang
dapat membangun dirinya
sendiri serta bersama-sama
bertanggung jawab atas
pembangunan bangsa.
Garis-garis Besar Haluan Negara
juga menegaskan bahwa
generasi muda yang di
dalamnya termasuk para siswa
adalah penerus cita-cita
perjuangan bangsa dan sumber
insani bagi pembangunan
nasional yang berdasarkan
Pancasila dan undang-undang
dasar 1945.
Mengingat tujuan pendidikan
dan pembinaan generasi muda
yang ditetapkan baik di dalam
Pembukaan Undang-undang
Dasar 1945 maupun di dalam
garis-garis besar Haluan Negara
amat luas lingkupnya, maka
diperlukan sekolah sebagai
lingkungan pendidikan yang
merupakan jalur pendidikan
formal yang sangat penting dan
strategis bagi upaya
mewujudkan tujuan tersebut,
baik melalui proses belajar
mengajar maupun melalui
kegiatan kokurikuler dan
ekstrakurikuler.
Wawasan Wiyatamandala
Dengan memperhatikan kondisi
sekolah dan masyarakat dewasa
ini yang umumnya masih dalam
taraf perkembangan, maka
upaya pembinaan kesiswaan
perlu diselenggarakan untuk
menunjang perwujudan sekolah
sebagai Wawasan
Wiyatamandala.
Berdasarkan surat Direktur
Jendral Pendidikan Dasar dan
Menengah nomor: 13090/CI.84
tanggal 1 Oktober 1984 perihal
Wawasan Wiyatamandala
sebagai sarana ketahanan
sekolah, maka dalam rangka
usaha meningkatkan pembinaan
ketahanan sekolah bagi sekolah-
sekolah di lingkungan
pembinaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasra dan
Menengah, Departemen
pendidikan dan kebudayaan,
mengeterapkan Wawasan
Wiyatamandala yang
merupakan konsepsi yang
mengandung anggapan-
anggapan sebagai berikut:
Sekolah merupakan
wiyatamandala (lingkungan
pendidikan) sehingga tidak
boleh digunakan untuk tujuan-
tujuan diluar bidang
pendidikan.
Kepala sekolah mempunyai
wewenang dan tanggung
jawab penuh untuk
menyelenggarakan seluruh
proses pendidikan dalam
lingkungan sekolahnya, yang
harus berdasarkan Pancasila
dan bertujuan untuk:
1. meningkatkan ketakwaan
teradap Tuhan yang maha
Esa,
2. meningkatkan kecerdasan
dan keterampilan,
3. mempertinggi budi pekerti,
4. memperkuat kepribadian,
5. mempertebal semangat
kebangsaan dan cinta tanah
air.
Antara guru dengan orang tua
siswa harus ada saling
pengertian dan kerjasama
yang baik untuk mengemban
tugas pendidikan.
Para guru, di dalam maupun di
luar lingkungan sekolah, harus
senantiasa menjunjung tinggi
martabat dan citra guru
sebagai manusia yang dapat
digugu (dipercaya) dan ditiru,
betapapun sulitnya keadaan
yang melingkunginya.
Sekolah harus bertumpu pada
masyarakat sekitarnya, namun
harus mencegah masuknya
sikap dan perbuatan yang
sadar atau tidak, dapat
menimbulkan pertientangan
antara kita sama kita.
Untuk mengimplementasikan
Wawasan Wiyatamandala perlu
diciptakan suatu situasi di mana
siswa dapat menikmati suasana
yang harmonis dan
menimbulkan kecintaan
terhadap sekolahnya, sehingga
proses belajar mengajar,
kegiatan kokurikuler, dan
ekstrakurikuler dapat
berlangsung dengan mantap.
Upaya untuk mewujudkan
Wawasan Wiyatamandala antara
lain dengan menciptakan
sekolah sebagai masyarakat
belajar, pembinaan Organisasi
Siswa Intra Sekolah (OSIS),
kegiatan kurikuler, ko-kurikuler,
dan ekstra-kurikuler, serta
menciptakan suatu kondisi
kemampuan dan ketangguhan
yakni memiliki tingkat
keamanan, kebersihan,
ketertiban, keindahan, dan
kekeluargaan yang mantap.
Struktur organisasi
Pada dasarnya setiap OSIS di
satu sekolah memiliki struktur
organisasi yang berbeda antara
satu dengan yang lainnya.
Namun, biasanya struktur
keorganisasian dalam OSIS
terdiri atas:
Ketua Pembina (biasanya
Kepala Sekolah)
Wakil Ketua Pembina
(biasanya Wakil Kepala
Sekolah)
Pembina (biasanya guru yang
ditunjuk oleh Sekolah)
Ketua Umum
Wakil Ketua I
Wakil Ketua II
Sekretaris Umum
Sektetaris I
Sekretaris II
Bendahara
Wakil Bendahara
Ketua Sekretaris Bidang
(sekbid) yang mengurusi
setiap kegiatan siswa yang
berhubungan dengan
tanggung jawab bidangnya.
Dan biasanya dalam struktur
kepengurusan OSIS memiliki
beberapa pengurus yang
bertugas khusus
mengkoordinasikan masing-
masing kegiatan ekstrakurikuler
yang ada di sekolah.
Arti lambang
Arti bentuk dan warna lambang
OSIS:
Bunga bintang sudut lima dan
lima kelopak daun bunga
Generasi muda adalah bunga
harapan bangsa dengan bentuk
bintang sudut lima
menunjukkan kemurnian jiwa
siswa yang berintikan Pancasila.
Para siswa berdaya upaya
melalui lima jalan dengan
kesungguhan hati, agar menjadi
warga negara yang baik dan
berguna. Kelima jalan tersebut
dilukiskan dalam bentuk lima
kelopak daun bunga, yaitu: abdi,
adab, ajar, aktif, dan amal.
Buku terbuka
Belajar keras menuntut ilmu
pengetahuan dan teknologi,
merupakan sumbangsih siswa
terhadap pembangunan bangsa
dan negara.
Kunci pas
Kemauan bekerja keras akan
menumbuhkan rasa percaya
pada kemampuan diri dan bebas
dari ketergantungan pada belas
kasihan orang lain,
menyebabkan siswa berani
mandiri. Kunci pas adalah alat
kerja yang dapat membuka
semua permasalahan dan kunci
pemecahan dari segala
kesulitan.
Tangan terbuka
Kesediaan menolong orang lain
yang lemah sesama siswa dan
masyarakat yang memerlukan
bantuan dan pertolongan, yang
menunjukkan adanya sikap
mental siswa yang baik dan
bertanggung jawab.
Biduk
Biduk / perahu, yang melaju di
lautan hidup menuju masa
depan yang lebih baik, yaitu
tujuan nasional yang dicita –
citakan.
Pelangi merah putih
Tujuan nasional yang dicita–
citakan adalah masyarakat adil
dan makmur berdasarkan
Pancasila, yaitu Negara Kesatuan
Republik Indonesia yang
sejahtera baik material maupun
spiritual.
Tujuh belas butir padi, delapan
lipatan pita, empat buah kapas,
lima daun kapas
Pada tanggal 17 Agustus 1945
adalah peristiwa penegakan
jembatan emas kemerdekaan
Indonesia mengandung nilai –
nilai perjuangan ’45 yang
harus dihayati para siswa
sebagai kader penerus
perjuangan bangsa dan
pembangunan nasional.
Kemerdekaan yang telah ditebus
dengan mahal perlu diisi dengan
partisipasi penuh para siswa.
Warna kuning
Sebagai dasar lambang yaitu
warna kehormatan/agung.
Suatu kehormatan bila generasi
muda diberi kepercayaan untuk
berbuat baik dan bermanfaat
melalui organisasi, untuk
kepentingan dirinya dan sesama
mereka, sebagai salah satu
sumbangsih nyata kepada tanah
air, bangsa dan negara.
Warna coklat
Warna tanah Indonesia, berpijak
pada kepribadian dan budaya
sendiri serta rasa nasional
Indonesia.
Warna merah putih
Warna kebangsaan Indonesia
yang menggambarkan hati yang
suci dan berani membela
kebenaran.